Cloud Computing



Pada cloud computing semua data berada dan disimpan di server internet, sama halnya dengan aplikasi maupun software yang dibutuhkan untuk pengguna, semuanya berada di komputer server. Misalnya seperti Google yang mempunyai Google Apps dan Apple yang menggunakan iCould sebagai server awannya.

sebelumnya Cloud Computing itu merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer komputasi dalam suatu jaringan yang berbasis internet untuk menjalankan suatu program atau aplikasi melalui komputer yang saling terkoneksi pada waktu yang sama, tetapi tidak semua terkoneksi melalui internet menggunakan cloud computing.
   

Berdasarkan layanannya, Cloud Computing dibagi menjadi:
-  Software as a Service (SaaS)
Merupakan layanan yang menyediakan aplikasi yang siap pakai kepada pengguna akhir. Seperti gmail, hotmail, twitter dan facebook.

-  Platform as a Service (PaaS)
Merupakan layanan yang menyediakan tempat untuk menjalankan sebuah aplikasi dari user. Seperti Google App Engine.

-  Infrastrukture as a Service (IaaS)
Merupakan layanan yang menyediakan infrastruktur teknik informatika kepada pengguna yang dibangun berdasarkan cloud. Seperti TelkomCloud.

Grid Computing

Grid Computing merupakan sebuah aplikasi pengembangan dari jaringan komputer (network) yang melibatkan banyak komputer untuk memecahkan persoalan komputasi dalam skala besar.



 Jenis Grid Computing:

- Gram (Grid Resources Allocation & Management)
- RFT/GridFTP (Reliable File Transfer/Grid File Transfer Protocol)
- MDS (Monitoring and Discovery Service)
- GSI (Grid Security Infrastructure)

Virtualisasi

Virtualisasi adalah sebuah teknik yang saat ini banyak diterapkan untuk memenuhi kebutuhan TI yang semakin tinggi namun diikuti dengan tuntutan untuk mengefisiensikan biaya yang digunakan semaksimal mungkin.  Virtualisasi adalah teknologi yang telah diterapkan secara luas saat ini dengan dampak peningkatan operasional dan finansial yang positif. Virtualisasi adalah konsep dimana akses ke sebuah hardware seperti server diatur sehingga beberapa operating system (guest operation system) dapat berbagi sebuah hardware.  Tujuan dari virtualisasi adalah kinerja tingkat tinggi, ketersediaan, keandalan, ketangkasan, atau untuk membuat dasar keamanan dan manajemen yang terpadu.

Terdapat 2 bagian virtualisasi, yaitu:
1.     Virtualisasi Server
2.     Virtualisasi Dekstop

Distributed Computing

Distributed computing adalah sebuah proses pada komputer yang di distribusikan kebeberapa komputer sehingga membuat pekerjaan menjadi lebih ringan dan lebih cepat untuk dikerjakan. Contoh proses rendering untuk pembuatan film

Map Reduce & No SQL

Merupakan sebuah pemrograman framework untuk membantu prosesan dan membantu menjalakan data pararel dan algoritma yang didistribusikan pada sebuah cluster. Map Reduce merupakan konsep yang digunakan pada teknologi cloud yang dapat diterapkan dalam distributed computing. No SQL merupakan database sederhana yang berisi key dan value memache dan lainnya.

No SQL Database

Merupakan sebuah memcache dari bagian database sederhana yang berisi key dan value. Database disini bersifat penyimpanan terstruktur dimana databasenya berbeda dengan sistem relasional. 

Kelebihan NoSQL disbanding database relasional, NoSQL bisa menampung data terstruktur, semi terstruktur dan tidak terstruktur secara efisien dalam skala besar. Menggunakan OOP dalam pengaksesan atau manipulasinya.

Berikut ini adalah sebuah contoh video sebuah bisnis yang bergerah di era cloud computing 


referensi :
http://sis.binus.ac.id/2014/10/11/konsep-dasar-virtualisasi/
http://arsylzone.blogspot.com/2015/03/komputasi-cloud_11.html#more

gambar :
http://www.byrnesoftware.com/images/iStock_000018660718Medium_crop.jpg
http://www.gridcafe.org/nav/WhatIsGrid.jpg
https://alatashusein.files.wordpress.com/2012/07/server-consolidation.jpg


Komentar

Postingan Populer