defini game,klasifikasi game,software game,bisnis game online, dan game favorite

A. DEFINISI GAME

Permainan merupakan sebuah aktivitas rekreasi dengan tujuan bersenang-senang, mengisi waktu luang, atau berolahraga ringan. Permainan biasanya dilakukan sendiri atau bersama-sama (kelompok). (wikipedia) 


B. Klasifikasi game
Jika kita berbicara tentang game, pasti kita akan menyebutkannya satu persatu dengan sangat antusias, terlebih lagi maniak game ataugame freak. Bagi mereka jika ada game baru yang muncul tetapi belum memainkannya maka akan merasa kecewa. Biasanya para game freakini sedikit banyak tentang alur dari game yang ada dikarenakan kebiasaan mereka yang menghabiskan banyak waktunya untuk bermain game. Namun kita juga perlu tahu jenis-jenis game yang ada, antara lain :


BERDASARKAN “GENRE” PERMAINANNYA

RTS (Real Time Strategy)
Real Time Strategy adalah genre suatu permainan komputer yang memiliki ciri khas berupa permainan perang yang tiap pemainnya memiliki suatu negara, negara tersebut di kelola dalam hal pengumpulan sumberdaya (alam, manusia, ekonomi), pengaturan strategi pasukan-pasukan tempur, diplomasi dengan negara tetanga, peningkatan ekonomi, pengembangan keyakinan, pengembangan pendidikan dari negara primitif menuju peradaban modern. RTS dibedakan dari turn-based strategy dimana dalam RTS permainan tidak mengenal giliran. Setiap pemain dapat mengatur/memerintah pasukannya dalam waktu apapun. Dalam RTS, tema permainan dapat berupa sejarah (misalnya seri Age of Empires), fantasi (misalnya Warcraft) dan fiksi ilmiah (misalnya Star Wars).FPS (First PersonShooter)
Jenis permainan tembak-menembak dengan tampilan pada layar pemain adalah sudut pandang tokoh karakter yang dimainkan, tiap tokoh karakter mempunyai kemampuan yang berbeda-beda dalam tingkat akurasi menembak, reflek menembak,dll. Permainan ini dapat melibatkan banyak orang. Permainan ini bisa berupa misi melumpuhkan penjahat maupun alien, kadang juga sejumlah pemain dibagi beberapa tim yang bertugas melumpuhkan tim lainnya, sebelum dilumpuhkan. Ciri utama lain adalah penggunaan senjata genggam jarak jauh.
Ex : Duke Nukem 3D, Quake, Blood, Unreal, Unreal Tournament, seri Half-Life, Counter-Strike, seri Halo, Perfect Dark, TimeSplitters, Call of Duty, System Shock, dan GoldenEye 007.

 RPG (Role Playing Game)
adalah sebuah permainan yang para pemainnya memainkan peran tokoh-tokoh khayalan dan berkolaborasi untuk merajut sebuah cerita bersama. Para pemain memilih aksi tokok-tokoh mereka berdasarkan karakteristik tokoh tersebut, dan keberhasilan aksi mereka tergantung dari sistem peraturan permainan yang telah ditentukan. Asal tetap mengikuti peraturan yang ditetapkan, para pemain bisa berimprovisasi membentuk arah dan hasil akhir permainan ini.
Dalam sebuah permainan RPG, jarang ada yang “kalah” atau “menang”. Ini membuat permain RPG berbeda dari jenis permainan papan lainnya seperti Monopoli atau Ular Tangga, permainan kartu, olah raga, dan permainan lainnya. Seperti sebuah novel atau film, permainan RPG mempunyai daya tarik karena permainan-permainan ini mengajak para pemain untuk menggunakan imajinasi mereka. RPG biasa lebih mengarah ke kolaborasi sosial daripada kompetisi. Pada umumnya dalam RPG, para pemain tergabung dalam satu kelompok.
Ada 2 jenis game RPG, antara lain :

- LARP (Live-Action Role-Playing)
permainan RPG di mana para pemain bisa melakukan gerakan fisik tokohnya oleh si pemain sendiri, biasanya para pemain memakai kostum dan menggunakan alat-alat yang sesuai dengan tokoh, dunia dan cerita yang dia mainkan.

- MMORPG (Massively Multiplayer Online Role-Playing Game)
adalah permainan role-playing game (RPG) yang melibatkan ribuan pemain untuk bermain bersama dalam dunia maya yang terus berkembang pada saat yang sama melalui media internet dan jaringan.
Ex : World of Warcraft, The Lord of the Rings Online: Shadows of Angmar, Final Fantasy, Ragnarok, DoTA.

Life Simulation Games
Permainan simulasi kehidupan ini meliputi kegiatan individu dalam sebuah tokoh karakter. Dalam memainakn tokoh karakter tersebut pemain bertanggung jawab atas inteligen serta kemampuan fisik dari tokohnya tersebut. Tokoh karakter tersebut memerlukan kebutuhan layaknya manusia seperti kegiatan belajar, bekerja, belanja, bersosialisasi, memelihara hewan, memelihara lingkungan dan lain-lain. Lawan mainnya bisa berupa pemain lain yang memainkan karakter sebagai tetangga maupun komputer dengan kecerdasan buatan tingkat tinggi.
Ex : SimLife, Second Life.

Construction and Management Simulation Games
Permainan yang mensimulasikan proyek membangun sebuah kota, pemain di haruskan membangun sebuah kota lengkap dengan fasilitas public maupun fasilitas pemerintah seperti gedung, alat transportasi publik, taman, sekolah, rumah sakit, tempat beribadah, pabrik, bandara, stasiun, bank dan bangunan lainnya lainnya. saat membangun kota tersebut pemain juga harus memperhatikan sumber daya ekonomi, kenyamanan para penduduknya dalam beraktifitas yang mungkin terganggu saat pembuatan jembatan penyebrangan dan lain-lain.
Ex : SimCity, Caesar.

 Vehicle Simulation
Jenis permainan ini mensimulasi pengoperasian beberapa kendaraan, kendaraan bisa berupa pesawat terbang, pesawat tempur, kereta, kendaraan perang, maupun kendaraan konstruksi.
Ex : FlightGear, Tram, Orbiter.

Action Game
Permainan jenis ini sangat berkaitan dengan tantangan fisik, seperti ketangkasan, reflek dari pemain. Dalam permainan ini pemain mengendalikan seorang tokoh karakter, tokoh karakter yang dimainkan bisa dihadapkan dengan tokoh karakter lain yang bertarung berhadapan bisa juga menjalankan sebuah misi yang banyak rintangan, mengumpulkan objek tertentu, mengalahkan musuh, maupun menyelamatkan karakter lainnya.
Ex : Street Fighter

Adventure Game
Permainan yang menggunakan tokoh karakter fiksi yang bertugas mengekplorasi memecahkan sebuah misteri atau kasus, memburu harta karun, maupun menyelamatkan tokoh karakter buatan. Banyak dari game ini diangkat dari sebuah novel populer maupun film biskop.
Action-Adventure Game
Permainan bertualngan yang dikombinasikan dengan aksi bertarung, menghadapi rintangan maupun memecahkan teka-teki.
Ex : Tomb Raider, Indiana Jones.

Manager Simulation
Permainan yang mensimulasikan menjadi seorang manager dalam sebuah klub sepakbola.
Ex : Championship Manager.

Racing
Adalah salah satu jenis permainan yang bernuansakan balap kendaraan. Disini kita bisa mengontrol sendiri kendaraan yang kita miliki maupun kita bisa menongtrolnya bersama-sama dengan partner kita.
Ex : CTR (Crash Team Racing), Need For Speed.
Sport
Game bergenre ini bertemakan olahraga seperti pada umumnya, Kita dapat mengontrol manusia yang diibaratkan kita sendiri di dalam game tersebut. Yang membedakan adalah kita disini tidak benar-benar berolahraga, melainkan tokoh yang kita mainkanlah yang melakukan kegiatan tersebut.
Ex : PES 2010, Winning Eleven

Art
Game yang bergenre ini sangat jarang sekali ditemukan, dikarenakan mungkin masih kurang peminatnya. Sehingga masih kurang perusahaan pembuat game yang mengeluarkannya.
BERDASARKAN JENIS PLATFORM YANG DIGUNAKAN

Arcade games
yaitu yang sering disebut ding-dong di Indonesia, biasanya berada di daerah / tempat khusus dan memiliki box atau mesin yang memang khusus di design untuk jenis video games tertentu dan tidak jarang bahkan memiliki fitur yang dapat membuat pemainnya lebih merasa “masuk” dan “menikmati”, seperti pistol, kursi khusus, sensor gerakan, sensor injakkan dan stir mobil (beserta transmisinya tentunya).

PC Games
yaitu video game yang dimainkan menggunakan Personal Computers.

Console games
yaitu video games yang dimainkan menggunakan console tertentu, seperti Playstation 2, Playstation 3, XBOX 360, dan Nintendo Wii.

Handheld games
yaitu yang dimainkan di console khusus video game yang dapat dibawa kemana-mana, contoh Nintendo DS dan Sony PSP.

Mobile games
yaitu yang dapat dimainkan atau khusus untuk mobile phone atau PDA.



C. SOFTWARE PEMBUAT GAMES 
Game Flash
0. Scratch
1. AlbinoBlackSheep
2. FlashKit
3. Kirupa
4. Lassie Adventure Studio
5. Sploder

Membuat Game Standar

6. Anim8or
7. Byond
8. Game Discovery
9. Martin Piecyk’s Website
10. VGMusic
11. Visionaire2d
12. YoYoGames

Membuat Game RPG

13. Charas-Project
14. CrankEye
15. DualSolace
16. FreeMMORPGMaker
17. PhanxGames
18. PlayerWorlds
19. RPG Maker
20. RPGCrisis
21. RPG Revolution


D. Bisnis game online

Bisnis game online terlihat sangat menguntungkan ya pada jaman sekarang ini yang dimana banyak warnet yang bermunculan dan menonjolkan game” online jaman sekarng yang membuat si pemainin jadi kecanduan kaya tmn ane yang sampe nginep diwarnet Cuma buat maen game online. Sebenr’a si ada keuntungan dan kerugian kl menurut ane yang dimana keuntungan’a dari segi finansial apa bila kita bisnis warnet yg menonjolkan game” online pasti’a sangat diminati. Namun dari segi kerugian ya kita tau lah bnyak siswa dan mahasiwa yang rela cabut sekolah/kuliah Cuma buat main game online itu menurut ane miris yaaa.. game dibuat untuk mencerahkan pikiran dan menghilangkan penat namun kebnykan org mensalah gunakan game tersebut untuk cabut skl/kuliah itu sangat tidak mengunutngkan.
  
E. Game favorit ane
1.       PES 

Sebagai mahasiswa seperti saya dan teman saya pasti sering memaikan game ini knp??? Karna menurut saya PES ini adalah game bola yang dimana dibelahan dunia manapun pasti gemar bermain bola dan kita pun mempunyai klub yang disukai nah lewat game PES ini lah kami bermain dan saling bertarung menggunkan klub kesukaan kita, disamping itu PES jg mempunyai gameplay yang mudah dimengerti dan diterapkan dihampir setiap kalangan dan dari segi grafik PES ini mengalami tingkatan grafik yang sangat memuaskan dan pemain2nya sangat mirip dengan aslinya yang mebuat kita senang bermain PES

2.       Dota

Siapa yang tidak kenal dota ? mungkin hanya orang tua kita.. sebagaian banyak dari manusia kenal dota yaitu sebuah game peperangan untuk menghancurkan markas musuh namun menariknya dota adalah dari hero-heronya yang dimana hero dota bnyak dan kita bisa memilih hero sesuka kita dan yang paling enak untuk dimainkan. Misi dari dota ini adalah untuk menghancurkan markas dari musuh namun kita harus berperagan denga hero-hero musuh  dan para budak” musuh itu harus kita kalahkan dan kita harus menghancurkan tower-tower musuh dan kita hancurkan tower ini dari musuh untuk mencapai kemenangan .

refernsi 

Refernsi foto






Komentar

Postingan Populer