Referensi Teknologi intrnet dan new media


Definisi Internet
Pengertian Internet berasal dari kata International Networking, merupakan dua komputer atau lebih yang saling berhubungan membentuk jaringan komputer hingga meliputi jutaan komputer di dunia (internasional), yang saling berinteraksi dan bertukar informasi, sedangkan dari segi ilmu pengetahuan, internet merupakan sebuah perpustakaan besar yang didalamnya terdapat jutaan (bahkan milyaran) informasi atau data yang dapat berupa teks, grafik, audio maupun animasi dan lain lain dalam bentuk media elektronik. Orang bisa berkunjung ke perpustakaan tersebut kapan saja serta dari mana saja, dari segi komunikasi internet adalah sarana yang sangat efektif dan efesien untuk melakukan pertukaran informasi jarak jauh maupun di dalam lingkungan perkantoran.
Pada awalnya internet adalah suatu jarangan komputer yang dibentuk oleh Departemen Amerika Serikat pada awal tahun 60 an, pada waktu itu mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dengan software komputer berbabis UNIX bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.Dulunya internet dikenal sebagai suatu wadah bagi para peneliti untuk saling bertukar informasi yang kemudian dimanfaatkan oleh perusahaan komersil sebagai sarana bisnis mereka, pada saat ini pengguna internettersebar di seluruh dunia dengan jumlah mencapai lebih dari 250 juta orang.

Manfaat internet
Manfaat internet sangat banyak ya seperti contoh dari mahasiswa-mahasisawa yang mengerjakan makalah atau proposal pastinya akan sangat membutuhkan suatu koneksi internet yg bisa membantu mereka dalam mengumpulkan referensi dan data-data yg dapat mereka tinjau untuk membuat tugas-tugas mereka, lalu ada juga yang menggunakan media internet menjadi lahan bisnis seperti toko online yang sekarang sangat banyak bertebarluas di media internet, dan internet bisa membuka wawasan kita lebih jauh dan mengetahui berita-berita yg ada di muka bumi ini.
Contoh aplikasi pada teknologi  internet:
1.       World Wide Web (WWW). WWW adalah dokumen-dokumen internet yang disimpan di server-server yang terdapat di seluruh dunia
2.       E-Mail atau surat elektronik adalah aplikasi internet untuk sarana komunikasi surat-menyurat dalam bentuk elektronik
3.       Facebook dan twitter : suatu jejaring social yang digunakan untuk menambha teman baru atau bernostalgia denga teman lama.
4.       Google : suatu search engine yang digunakan untuk mencari data atau informasi secara mudah dan cepat.







Definisi New Media
New Media terdiri dari 2 kata yaitu New dan Media. New yang berarti Baru dan Media yang berarti Perantara. Jadi New Media merupakan Sarana perantara yang baru. Baru dalam arti disini dilihat dari segi waktu, manfaat, produksi, dan distribusinya. New Media juga dapat disebut sebuah istilah yang dimaksudkan untuk mencakup kemunculan digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20. Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai “media baru” adalah digital, seringkali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mampat, interaktif dan tidak memihak. Beberapa contoh New Media adalah Internet, website, komputer multimedia, permainan komputer, CD-ROMS, dan DVD.
Manfaat New Media
Manfaat New Media banyak sekali. Kali ini saya akan menyebutkan beberapa manfaat new media, diantaranya :
1.       arus informasi yang dapat diperoleh dan didapat kapan saja dan dimana saja
2.       sebagai media transaksi jual beli
3.       sebagai media hiburan
4.       sebagai media komunikasi

Komponen New Media
Komponen New Media yaitu : Handphone, Internet, Komputer dan Tablet PC.
Contoh Aplikasi New Media 

 Berikut ini adalah bebrapa contoh aplikasi new media 
1.       You tube : sebuah situs web video sharing (berbagi video) dimana para pengguna dapat menonton dan mengunggah video secara gratis
2.       Foursquare : sebuah situs web jejaring sosial yang bergantung pada perangkat lunak untuk peralatan bergerak (GPS : Global Positioning System)
3.       Instagram : sebuah layanan gratis yang mengizinkan pengguna untuk memposting tidak hanya tulisan, tetapi juga mengizinkan penggunanya untuk memposting foto, quote, video, chat audio dan link.
http://bramantyadwicahyadi.blogspot.com/2012/10/teknologi-internet-dan-new-media.html

Komentar

Postingan Populer